Sabtu, 31 Maret 2012

Bahan Kimia di Ponsel Picu Obesitas


 Ternyata bahan kimia dalam ponsel berisiko menimbulkan obesitas. Tak hanya ponsel, zat kimia pada mainan dan kacamata hitam juga dapat memicu epidemi obesitas imbau para ahli yang merupakan kelompok kampanye CHEM Trust balum lama ini.

Bahan kimia yang terkandung pada barang-barang memang tak bisa kita hindari. Padahal akibatnya dapat mengganggu kesehatan mulai dari diabetes hingga kematian. Beberapa zat berbahaya yang sering ditemukan umumnya terdapat paling banyak pada ponsel, kaleng, shampoo dan tirai shower.

Umumnya bahan-bahan kimia tersebut dapat mengganggu efek hormon, yang menyebabkan mereka 'gender bending' atau menambah nafsu makan. Beberapa hormon memang dapat mengontrol nafsu makan, namun beberapa lainnya juga memicu penimbunan lemak. Solusinya para ahli pun mengimbau agar tak terlalu sering terpapar benda-benda yang mengandung zat kimia itu.

Beberapa ahli menggambarkan laporan itu sebagai peringatan, tetapi yang lain mengatakan kunci untuk hidup sehat adalah apa yang kita makan dan minum.

"Orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan akan dirusak bahan kimia yang mereka tidak bisa lihat, tidak bisa merasakan, dan tidak tahu bagaimana menghindarinya," kata Dr Tim Lobstein, dari Asosiasi Internasional untuk Studi Obesitas.(Zeenws/TNT/MEL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar